60 pengetahuan dasar yang wajib dimiliki mahasiswa Sarjana Fasilkom

60 pengetahuan dasar yang wajib dimiliki mahasiswa Sarjana dari program studi Sistem Komputer, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika:

I. Pengetahuan Dasar Pemrograman
1. Konsep dasar algoritma dan pemrograman.
2. Struktur data dasar (array, linked list, stack, queue).
3. Pemrograman berbasis objek (Object-Oriented Programming).
4. Pemrograman berbasis web.
5. Pemrograman berbasis mobile.
6. Debugging dan troubleshooting kode.
7. Pemrograman dengan basis data (SQL).
8. Pemrograman paralel dan multithreading.
9. Pemrograman dengan API.

II. Sistem Komputer dan Jaringan
10. Arsitektur komputer dan organisasi perangkat keras.
11. Sistem operasi (konsep multitasking, memory management).
12. Dasar-dasar jaringan komputer (TCP/IP).
13. Keamanan jaringan dan firewall.
14. Konsep virtualisasi dan komputasi awan (cloud computing).
15. Pengelolaan server (Linux/Windows Server).
16. Konsep Internet of Things (IoT).
17. Dasar-dasar protokol komunikasi (HTTP, FTP, DNS).
18. Konsep wireless dan jaringan 5G.

III. Basis Data
19. Konsep relational database management system (RDBMS).
20. Desain basis data (normalisasi, ERD).
21. Query database menggunakan SQL.
22. Pengelolaan basis data non-relasional (NoSQL).
23. Big Data dan analitik data.
24. Manajemen data terdistribusi.
25. Keamanan data di basis data.

IV. Sistem Informasi
26. Konsep dasar sistem informasi.
27. Pemodelan proses bisnis.
28. Analisis dan desain sistem.
29. Pengelolaan proyek sistem informasi.
30. Implementasi sistem ERP (Enterprise Resource Planning).
31. Manajemen perubahan dalam pengembangan sistem.
32. Dasar-dasar manajemen data dan informasi.

V. Keamanan Siber
33. Dasar-dasar keamanan informasi.
34. Konsep cryptography (enkripsi dan dekripsi).
35. Keamanan aplikasi web.
36. Pentest dasar untuk aplikasi web dan jaringan.
37. Pengamanan sistem operasi.
38. Penanganan serangan siber (phishing, malware, ransomware).
39. Konsep manajemen risiko keamanan.

VI. Pengembangan Software
40. Siklus hidup pengembangan software (SDLC).
41. Metode pengembangan agile dan scrum.
42. Dokumentasi teknis dalam pengembangan perangkat lunak.
43. Pengujian software (manual dan otomatis).
44. Integrasi dan deployment aplikasi (CI/CD).
45. Konsep DevOps.

VII. Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin
46. Konsep dasar kecerdasan buatan.
47. Pembelajaran mesin (supervised, unsupervised learning).
48. Pemrosesan bahasa alami (NLP).
49. Pemrosesan gambar dan video (computer vision).
50. Pemrograman untuk AI (Python, TensorFlow, PyTorch).

VIII. Teknologi dan Tren Baru
51. Blockchain dan cryptocurrency.
52. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).
53. Pengembangan aplikasi berbasis microservices.
54. Manajemen container dengan Docker dan Kubernetes.
55. Konsep edge computing.
56. Cloud native development.

IX. Soft Skills dan Etika
57. Komunikasi teknis yang efektif.
58. Etika profesional dalam bidang teknologi informasi.
59. Kolaborasi tim menggunakan alat seperti Trello atau Git.
60. Penyelesaian masalah dan berpikir kritis.